9 Cara untuk Merawat Rambut Agar Tetap Lebat ala SehatQ.com

18.30

Rambut sering diberi julukan sebagai mahkotanya manusia, dan tentunya mahkota tersebut harus dirawat dengan baik. Rambut juga menjadi bagian penting yang dimiliki seseorang, tetapi faktanya rambut juga mudah mengalami kerontokan hingga mengalami kebotakan. 

Kenapa hal itu terjadi? Artikel kesehatan dari SehatQ akan menjawab pertanyaan Anda mulai dari kenapa rambut mudah rontok dan bagaimana cara merawat rambut. Penasaran kan? Yuk simak informasi berikut ini.

14 Penyebab Rambut Rontok

Menurut para ahli, rambut rontok dapat disebabkan karena beberapa hal berikut ini.
  1. Memiliki gangguan mental, seperti stress secara emosional
  2. Memiliki gangguan stress secara fisik, seperti saat melahirkan
  3. Adanya perubahan hormon
  4. Kurang asupan gizi
  5. Menderita suatu penyakit tertentu
  6. Adanya efek samping obat yang dikonsumsi
  7. Anemia atau kurang darah
  8. Demam tinggi
  9. Penurunan berat badan hingga 9 kg atau bahkan lebih
  10. Baru sembuh dari sakit
  11. Menjalani pengobatan tertentu, seperti kemoterapi
  12. Menggunakan produk perawatan yang berbahan dasar keras, seperti menggunakan cat rambut
  13. Kebiasaan menggunakan pemanas rambut yang berlebihan
  14. Faktor genetik

Setelah mengetahui apa saja yang menjadi penyebab rambut mengalami kerontokan, berikut ini saatnya Anda mengetahui bagaimana cara untuk mengatasinya. Informasi berikut ini berdasarkan pada artikel yang telah dimuat pada laman SehatQ tentang cara merawat rambut rusak agar kembali sehat.

9 Cara Merawat Rambut Agar Tidak Mudah Rontok


Meskipun Anda memiliki beberapa faktor yang menyebabkan rambut rontok, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa cara berikut ini.

1. Hindari Mengikat Rambut dengan Terlalu Kencang

Pastikan untuk selalu mengikat rambut dengan kekencangan yang biasa saja, karena jika terlalu kencang rambut akan sulit bernapas dan akan mudah kering sehingga menimbulkan kerontokan.

2. Seringlah Menggosok Rambut dengan Lembut

Menggosok rambut merupakan salah satu cara merawat rambut alami yang bisa Anda lakukan saat mencuci rambut.

3. Gunakan Sisir Bergigi Jarang

Jika Anda memiliki kebiasaan menyisir rambut saat basah, maka pastikan untuk menggunakan sisir bergigi jarang. Hal ini dikarenakan jika menggunakan sisir yang memiliki gigi banyak, rambut akan mudah tersumbat sehingga bisa jadi rambut lepas dari akarnya.

4. Gunakan Topi atau pelindung Rambut Lainnya

Dengan menggunakan topi atau pelindung lainnya, rambut akan terlindungi dari paparan sinar matahari langsung yang bisa merusak kesehatan rambut Anda.

5. Berhenti Merokok

Selain memiliki dampak lainnya, ternyata merokok juga bisa menyebabkan rambut mudah rontok. Oleh karena itu, berhentilah merokok untuk mendapatkan kehidupan yang sehat.

6. Rajinlah Memijat Kepala

Cara merawat rambut rontok yang mudah ini tentunya sangat wajib untuk dilakukan seriap hari, dengan memijat kulit kepala akan menstimulus pertumbuhan rambut serta melancarkan aliran darah ke kepala.

7. Gunakan Lidah Buaya

Selain memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, ternyata lidah buaya juga bisa merawat rambut. Lidah buaya bisa melembapkan rambut, menyejukkan kulit kepala, mengurangi ketombe, dan mengurangi minyak yang berlebihan di kepala.

8. Gunakan minyak kelapa

Minyak kelapa juga tidak mau ketinggalan dari lidah buaya dalam merawat rambut Anda. Anda bia menggunakan minyak kelapa dengan sewajarnya, bisa digunakan untuk melembapkan rambut, dan mencegah kerontokan.

9. Gunakan Suplemen Penyubur Rambut

Dalam merawat rambut di zaman yang serba mudah seperti sekarang ini, Anda hanya perlu mencari suplemen atau perawatan lainnya yang akan memudahkan Anda dalam menjaga kesehatan rambut. Sudah anyak suplemen memiliki manfaat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut Anda.

Bila anda membutuhkan produk terkait masalah rambut, bisa mencarinya di toko sehatQ yang terjamin akan kualitas dan keamanannya.

Itulah 9 tips dalam merawat rambut yang bisa Anda praktikan untuk menjaga kesehatan rambut. Dengan melakukan beberapa tips diatas secara teratur, Anda akan mendapatkan hasil maksimal.

1 komentar: