Tips Keuangan Keluarga yang Mudah dan Tidak Ribet

06.59

Orang yang sudah berkeluarga memang beban hidup dan tanggung jawabnya juga lebih besar dan ditambah lagi jika sudah memiliki anak, akan semakin banyak beban yang harus ditanggung. Tidak hanya memikirkan kehidupan pasangan saja akan tetapi juga memikirkan masa depan anak. Maka dari itu sangat penting diperlukan yang namanya tips keuangan keluarga yang baik.

Bagi yang tidak tahu mungkin akan merasa bahwa hal ini adalah sia-sia. Padahal yang namanya kegiatan positif tidak ada yang sia-sia. Kunci dari rumah tangga yang bahagia adalah kehidupan ekonomi yang seimbang. Selain itu ditambah juga hubungan antar saling keluarga sangat hangat. Dengan begitu maka kehidupan keluarga akan lebih tenang dan bahagia meski memang tidak mungkin dalam satu rumah mendapatkan desa.

Berikut ini adalah tips keuangan keluarga yang bisa Anda jadikan sebagai perhatian baik saat Anda sudah memiliki keluarga atau akan memiliki keluarga:

Hindari kegiatan di luar rumah 

Maksudnya disini adalah melakukan rekreasi atau makan bersama di luar rumah. Karena hal ini akan berdampak pada kondisi keuangan Anda yang akan mengeluarkan banyak biaya jadi terkesan boros. Orang memang butuh hiburan akan tetapi bila terlalu sering keluar rumah juga tidak baik.

Usahakan menabung 

Tips kedua adalah usahakan untuk menabung. Apabila baru saja menerima uang gaji sisihkan uang yang sekarang untuk ditabung dari lebihan uang kebutuhan selama sebulan. Uang tabungan ini nantinya bisa Anda manfaatkan untuk beberapa kegiatan yang mendesak, misal saat ada yang sakit dan membutuhkan perawatan di rumah sakit.

Dengan menerapkan beberapa tips di atas maka bisa dijamin keuangan keluarga akan menjadi lebih aman. Apabila saat ini Anda berprofesi sebagai istri misalnya, tidak perlu bekerja di luar rumah Anda bisa memanfaatkan smartphone yang Anda miliki untuk membuka bisnis online. Atau selain itu juga bisa membuat makanan yang nanti bisa Anda pasarkan secara online. Dengan begitu bisa Anda jadikan sebagai penghasilan tambahan untuk membantu suami. Selain bisa mengurus dan memperhatikan anak Anda juga bisa memiliki penghasilan sendiri.

Tips keuangan keluarga dengan cara seperti di atas sangat mudah untuk dilakukan. Namun saat ini yang menjadi masalah adalah terkadang anak-anak muda yang baru saja menikah atau mereka yang sudah memiliki keluarga akan sulit untuk melakukan cara seperti di atas untuk mengatur keuangan mereka. Bukan tanpa alasan melainkan karena tuntutan gaya hidup mereka saat masih sendiri dan belum memiliki pasangan dan bebas untuk kemana saja tanpa memperhitungkan uang yang dikeluarkan. Kondisi ini sangat berbahaya karena akan berpengaruh terhadap keuangan keluarga dan keharmonisan dengan pasangan Anda.

1 komentar: