Manfaat Teh Hijau Untuk Asam Urat

17.10
Manfaat Teh Hijau Untuk Asam Urat

Tingginya kadar asam urat dalam darah atau yang lebih dikenal dengan istilah hiperurisemia merupakan salah satu penyebab peradangan sendi akut atau penyakit gout. Sebagai informasi, pria memiliki resiko lebih tinggi mengalami artritis inflamasi akut.

Penumpukan kadar asam urat berasal dari pola makan yang kurang tepat. Seperti terlalu sering mengonsumsi minuman mengandung alkohol dan makanan yang banyak mengandung purine seperti seafood dan daging merah.

Disisi lain, ada beberapa makanan yang dapat menghambat penumpukan asam urat pada tubuh manusia. Seperti kopi, susu, vitamin C, buah cherry dan teh. Namun tidak semua jenis teh dapat menurunkan kolesterol. Teh hijau adalah jenis teh yang dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Baca juga: Manfaat Sidaguri Untuk Asam Urat

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan polifenol seperti catechin, epicatechin, epicatechin gallate, epigallocatechin dan epigallocatechin gallate. Selain sebagai antioksidan, manfaat teh hijau untuk asam urat yaitu dapat menghambat kinerja enzim XO (xanthine oxidase) yang sangat berperan penting dalam penumpukan asam urat dalam darah.

Sebuah riset telah dilakukan oleh Jatuwarapruk, dkk. Dalam kurun waktu 2 minggu. untuk membuktikan adanya kandungan zat-zat tertentu pada teh hijau yang berkhasiat untuk asam urat. Dalam penelitian ini, melibatkan sukarelawan dari petugas kesehatan rumah sakit Chiang Mai dalam keadaan sehat.

penelitian ini dilakukan untuk melihat perubahan kadar asam urat dalam darah pada 3 kelompok. Yang mana kelompok pertama (11 orang) diberikan teh hijau (EDT) sebanyak 2gr/hari, kelompok 2 (11 orang) diberi EDT sebanyak 4 gr/hari dan kelompok terakhir (8 orang) mendapat 6gr/hari.

Setelah berlangsung selama 2 minggu, didapatkan hasil bahwa penurunan kadar kolesterol pada keseluruhan kelompok. Namun penurunan secara signifikan terjadi pada kelompok dibawah ini, dengan rincian sebagai berikut:

Kelompok dengan pemberian EDT 2 g/hari, menurun dari 11,37 ± 6,41 mL/menit per 1,73m menjadi 7,44 ± 2,74 mL/menit per 1,73m. Kelompok dengan pemberian EDT 4 gr/hari, yang semula 8,36± 3,41 ml/menit per 1,73 m menurun menjadi 5,78 ± 2,33 ml/menit per 1,73.

Sedangkan pada kelompok yang mendapat 6 g/hari, justru terjadi peningkatan kadar serum antioksidan yang cukup tinggi. Yang menimbulkan efek samping gastrointestinal ringan.

Nah, hal di atas telah membuktikan bahwa teh hijau memiliki manfaat untuk asam urat yang cukup tinggi.

0 komentar