Manfaat Sidaguri Untuk Asam Urat

17.06
Manfaat Sidaguri Untuk Asam Urat

Asam urat nyatanya saat ini tidak hanya menyerang orang-orang lanjut usia saja, bahkan di usia muda pun banyak juga yang terserang asam urat. Meskipun kelihatannya hanya seperti pegal-pegal, tetapi Anda tidak boleh menganggap remeh penyakit ini.

Menurut para ahli kesehatan, asam urat bisa terjadi akibat adanya konsumsi makanan yang mengandung zat purin berlebih. Tidak bisa dihindari memang hampir semua makanan mengandung purin. Bahkan sayuran dan juga buah yang notabennya dipandang sehat pun juga mengandung purin.

Penggunaan obat kimia untuk mengatasi asam urat memang banyak dilakukan karena dianggap paling efektif. Tetapi pernahkah Anda berpikir masalah efek sampingnya? Manfaat Sidaguri untuk asam urat nampaknya bisa menjadi pilihan ketika Anda ingin beralih ke obat-obatan alami. 

Baca juga: Manfaat Sereh Untuk Asam Urat

Penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Biological Sciences pada tahun 2009 mengatakan bahwa, ekstrak dari sidaguri yang mengandung flavonoid ini bisa menghambat peningkatan asam urat sampai 55 persen.

Penelitian yang dilakukan oleh Siti Marwah yang berasal dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia dengan memanfaatkan ekstrak daun sidaguri juga turut mendukung argumen mengenai penghambatan kadar asam urat tersebut.

Lalu, bagaimana cara pengolahan jika ingin merasakan manfaat sidaguri untuk asam urat?

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan merebus batang dan juga akar dari tanaman sidaguri. Kemudian meminum air rebusan tersebut, boleh dengan tambahan gula baik gula pasir maupun gula merah agar bau langu hilang.

Jika Anda minum rebusan air sidaguri ini secara rutin maka lama kelamaan Anda akan merasakan manfaat dari tanaman ini. terutama manfaat bagi kesehatan sendi Anda yang mungkin sudah menunjukkan gejala asam urat.

Cara kedua yang bisa Anda pilih adalah dengan merebus bagian akarnya saja setelah sebelumnya dicuci hingga bersih. Rebus hingga air menyusut sampai setengahnya dan saring agar terpisah dari ampasnya. Diamkan air rebusan tersebut hingga dingin dan bahkan harus disimpan selama semalam dahulu di wadah yang tertutup.

Baru setelah itu minumlah secara teratur dua kali dalam satu hari. Anda juga tidak boleh menggunakan akar yang sudah direbus tadi karena hanya boleh digunakan untuk sekali rebusan.

0 komentar